Pembangunan Alun-alun Pesimis Bisa Selesai Akhir Tahun

oleh -33 views
alun-alun-kejaksan
Pekerja melakukan penanaman rumput di Alun-alun Kejaksan. Penyelesaian pekerjaan revitalisasi dipastikan tidak bisa terkejar di akhir tahun. foto: OKRI RIYANA/RADAR CIREBON

Tapi, bukan dibuka untuk bisa dikunjungi, hanya sekedar bisa dinikmati masyarakat dengan memandang dari area luar.

“Kalau dibuka buat dibolehkan masuk, jelas belum bisa. Karena kita masih ada pekerjaan di dalam. Nanti keamanan dan keselamatan pengunjung jadi beresiko,” imbuhnya.

Pihaknya berharap ketika Alun-alun Kejaksan ini sudah jadi, support dari masyarakat sangat dibutuhkan. Dengan cara bersama-sama menjaga fasilitas umum, ruang publik yang menjadi ikon kawasan pusat kota Cirebon.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (DPUPR), Syaroni ATD mengatakan, pengerjaan alun-alun juga menunggu bahan material. Yakni batu bata dari PT SMI.

Batu bata ini, harus dari PT SMI yang dikirim dari Tangerang. Tidak bisa diganti dengan merek lain, karena berhubungan dengan spesifikasi.

“Kemarin baru dapat 5 ribu bata. Kebutuhan masih puluhan ribu lagi,” kata Syaroni, saat ditemui Radar Cirebon di kantornya.

Syaroni mengklaim tahap pengerjaan telah di atas 70 persen. DPUPR member waktu hingga 50 hari kerja. Atau hingga Februari tahun depan. Saat ini sedang dikerjakan pengelasan mekanikal elektrikal. Kemudian sebagian lagi tinggal rumput taman. “Jadi sudah tinggal finishing, itu aja,” imbuhnya.

Banprov itu, kata Syahroni, cair pada 5 Desember. Termasuk trotoar di Jl Kartini dan Siliwangi, itu masih satu paket dengan alun-alun. Anggaran revitalisasi Alun-alun Pemprov Jabar sebesar Rp15 miliar. Namun baru ditransfer 75 persen. Atau sekitar Rp10 miliar.

Setelah kontrak alun-alun berakhir akan ada masa pemeliharaan selama 6 bulan. Kurun waktu itu bila ada kerusakan atau kendala struktur bangunan masih dalam tanggung jawab kontraktor. “Sehingga penyedia masih ada tanggung jawab untuk memperbaiki,” ucapnya. (azs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.