Muncul TPS Liar di Pesisir Panjunan

oleh -193 views
TPS-Panjunan
Warga menggunakan lokasi bekas pembongkaran bangunan di bantaran Sungai Sukalila untuk menjemur pakaian, Rabu (16/12). Foto: OKRI RIYANA/RADAR CIREBON

LEMAHWUNGKUK – Warga mengeluh usai Tempat Pembuangan Sampah Sementara (TPS) Pesisir Panjuna ditutup. Pasalnya banyak yang membuang sampah sembarangan. Hingga didapati ada beberapa titik TPS liar.

Salah seorang warga sekitar, Siti (45) mengatakan, setelah TPS Pesisir Panjunan ditutup, muncul TPS liar yang tak jauh dari bekas bangunan. Warga pun hanya bisa memasang papan peringatan. Dengan harapan tidak ada lagi yang seenaknya membuang sampah ke lingkungan mereka.

“Benar saja kan. Setelah ditutup TPS nya, jadi banyak yang buang sampah sembarangan. Kalau begini, yang harus tanggung jawab siapa?,” ungkap Siti, kepada Radar Cirebon.

Baca Juga : DKOKP Kota Cirebon Antisipasi Liburan Natal dan Tahun Baru

Menurut Siti, kemungkinan besar, sampah tersebut bukan berasal dari warga sekitar. Pasalnya warga sendiri telah membayar iuran kebersihan setiap bulan. Sehingga sampah sampah rumah tanggga milik warga telah diatasai dengan cukup baik.

“Kalau warga sini sih sudah bayar iuran. Rp7 ribu untuk yang nggak jualan. Yang jualan Rp10 ribu. Setiap hari petugasnya ngambilin dan dibuang ke TPS Kalibaru,” ucapnya.

Ia pun menyayangkan karena dari pihak Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cirebon belum menyediakan pengganti atau TPS Mobile untuk warga. Sebab, TPS terdekat baik di Kalibaru maupun samadikun lebih kecil. Bahkan pukul 17.00 sudah ditutup. “Katanya mau disiapkan mobil juga sampai sekarang belum ada,” tandasnya.

Saat dikonfirmasi, Kepala Bidang Persampahan dan Penanganan Limbah B3 DLH Kota Cirebon, Gandi SSTP mengatakan, sesuai kesepakatan dengan warga, usai TPS Pesisir Panjunan ditutup, mereka membuang sampah ke TPS terdekat, yakni TPS Kalibaru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.