Mahasiswa BSA IAIN Syekh Nurjati Cirebon Lahirkan 5 Buku

oleh -20 views
IAIN-Cirebon
Mahasiswa jurusan 4 Bahasa dan Sastra Arab (BSA ) IAIN Syekh Nurjati melaunching lima buku. foto:ist

CIREBON – Di penghujung tahun 2020, mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Arab (BSA) IAIN Syekh Nurjati Cirebon melahirkan lima buku. Empat diantaranya novel dan satu buku puisi.

Lima buku itu ditulis oleh lima mahasiswa BSA IAIN Syekh Nurjati Cirebon dari semester yang berbeda.  Kegiatan peluncuran dilaksanakan dengan cara gelar wicara (talkshow) yang dilaksanakan pada di Priangan Coffee, Selasa (29/12).

Sekretaris Jurusan BSA IAIN Syekh Nurjati,Erfan Gazali MSi menyebutkan kegiatan gelar wicara bertema Muda, Beda dan Berkarya berjalan dengan protokol kesehatan dan dibatasinya jumlah peserta. Suasana santai dan penuh kekeluargaan nampak dalam sesi yang berjalan. Selain menghadirkan penulis beserta orang tua dan wali dari masing-masing penulis, tampak hadir pula para dosen dan perwakilan mahasiswa BSA setiap angkatan.

Baca Juga: Pertengahan 2021 BRT Ditarget Bisa Beroperasi Setengahnya

Acara dibuka oleh Ketua Jurusan BSA, Dr Wakhid Nasruddin. Dalam sambutannya ia mengapresiasi capaian mahasiswa dalam melahirkan karya. Ini adalah sebuah capaian luar biasa yang sudah dilalui mahasiswa dalam proses belajar.

“Suatu kebahagiaan yang patut disyukuridan terus akan ditingkatkan. Sehingga akan lahir banyak karya mahasiswa. Tidak hanya tulisan populer tetapi juga tulisan akademik yang dapat menginspirasi dan memberi manfaat,” ungkapnya.    

Dalam kesempatan yang sama, Endang Rahmat selaku perwakilan orang tua penulis menyampaikan rasa bahagianya dan kebanggannya atas diterbitkannya karya anaknya. Tak lupa pula ia mengucapkan terimakasih kepada pihak jurusan dan dosen yang telah mencurahkan waktu dalam membimbing  mahasiswa hingga menerbitkan karya-karya mereka.

Para penulis terdiri dari Lala Lailatul Badriyah, Tri Wahyuningsih, Ayu Anindiya, Novi Rofiah Nur fadilah, dan Nur Raflie Febriansyah. Secara bergantian berbagi pengalaman selama proses menulis serta rencana ke depan karya mereka terbit. Di sela kegiatan Nur Raflie juga turut membacakan salah satu puisi yang diambil dari buku karyanya yang berjudul Kejalangan Masa Lajang.

Dalam proses penyusunan buku itu, mahasiswa mendapatkan bimbingan menulis melalui salah satu program, yakni  Literacy and Literature Corner (LLC). Program ini tidak hanya berfokus pada penulisan karya cetak tetapi pengembangan kemampuan public speaking dan penerjemahan. Sehingga diharapkan menjadi pusat penyemaian bibit-bibit penulis yang akan membantu dalam percepatan pencapaian visi-misi di jurusan BSA.

M Andi Hakim MHum selaku Pembina LLC yang juga mentor berharap program penulisan ini dapat menjadi model dalam mempersiapkan mahasiswa penulis yang produktif dan berdaya saing. Mengingat program tersebut adalah yang pertama digagas di IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Program serupa juga akan digagas untuk melatih para guru dan dosen untuk belajar menulis, baik karya ilmiah berbasis penelitian maupu tulisan popular. (war)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *