Jaringan Distribusi PAM Butuh Peremajaan

oleh -48 views
pdam-cirebon
Petugas memperbaiki salah satu jalur pipa distribusi PA M. Kerusakan pipa membuat layanan PA M terganggu beberapa pekan lalu. foto:azis muhtarom

HARJAMUKTI – Warga pelanggan Perumda Air Minum Tirta Giri Nata (PAM TGN) di wilayah Kelurahan Harjamukti bisa bernafas lega. Aliran air yang sempat mati total selama dua pekan mulai mengalir jelang tahun baru.

Anggota DPRD kota Cirebon asal RW 05 Penyuken Agung Supirno SH menyebutkan, sejak PAM TGN melakukan uji coba reservoir awal Desember lalu, aliran air ke pemukiman warga di beberapa RW Kelurahan Harjamukti tidak lancar.

Bahkan, dua pekan terakhir, air hanya ngocor dini hari. Imbasnya, warga terpaksa mengangkut air dari warga lainnya yang memiliki sumur pompa.

Baca Juga: Pembangunan Alun-alun Pesimis Bisa Selesai Akhir Tahun

Mendapati keluhan warga, dirinya berkomunikasi dengan pihak PAM TGN. Agung meminta persoalan ini segera ditanggulangi. Agung menilai jika reservoir dan JDU sudah beroperasi seharusnya aliran air lebih lancar, bukan makin tersendat.

“Alhamdulillah permintaan warga langsung direspons. Sejak Rabu malam dilakukan perbaikan di jaringan di dekat pertigaan Kalitanjung-evakuasi. Kamis siang saya cek ke rumah-rumah warga sudah normal lagi,” ungkapnya.

Terpisah, Direktur utama PAM TGN Sopyan Satari SE MM mengungkapkan, setelah pihaknya menurunkan tim teknik ke lapangan, ditemukan kerusakan jaringan distribusi. Jaringan pipa tersebut sudah tua karena dibuat di zaman Belanda.

Mengenai aliran air yang tersendat, pria yang akrab disapa Opang ini menyebutkan kondisi itu terjadi karena alasan klasik. Yakni tuanya umur jaringan distribusi. PAM TGN berencana melakukan peremajaan dan perbaikan pipa distribusi di tahun 2022. (azs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.